Wednesday 19 October 2011

Mengapa Wanita Lebih Banyak Bicara ?!?



“Kenapa sih makhluk yang bernama wanita itu cerewet banget? “
“Dasar cewek hobinya ngrumpi mulu!”
Mungkin kita sering mendengar ungkapan-ungkapan di atas. Memang tidak dapat dipungkiri makhluk yang bernama wanita lebih banyak berbicara daripada pria. Ada anekdot yang mengatakan wanita lebih talkative daripada pria karena perempuan adalah penerus Hawa dan laki-laki adalah keturunan Adam. Maksudnya ketika kita mengucapkan Hawa mulut kita mangap sedangkan ketika kita mengucapkan Adam mulut kita mingkem. Jadi, perempuan lebih banyak bicara dan laki-laki lebih banyak diam.
Berdasarkan penelitian diketahui bahwa perempuan, wanita, akhwat, mar’ah, cewek atau apapun sebutannya bagi kaum Hawa ini memiliki otak dengan kemampuan unik, yaitu ketangkasan verbal yang luar biasa. Ketangkasan verbal inilah yang menjadikan wanita ‘lebih kreatif’ dalam masalah verbal daripada pria. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Louann Brizendine, M.D, seorang pelopor neuropsikiatri, ternyata laki-laki menggunakan sekitar 7000 kata per-hari sementara perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per-hari. Perbedaan jumlah kata yang digunakan oleh laki-laki dan perempuan tersebut didasarai oleh perbedaan yang cukup signifikan antara otak laki-laki dan perempuan. Otak anak perempuan lebih cepat matang dibandingkan anak laki-laki. Para peneliti menemukan bahwa semakin tinggi kadar testosteron pada seorang laki-laki normal mengakibatkan semakin rendah kemampuan verbal yang dimilikinya.
Selain itu, perempuan memiliki lebih banyak sel saraf di sisi sebelah kiri otaknya yang menjadi dasar kemampuannya dalam memroses bahasa. Perempuan juga memiliki otak yang kedua sisinya lebih terhubung. Korpus kalosum –jaringan serat tebal yang menghubungkan kedua bagian otak- yang terdapat pada otak perempuan lebih besar dibandingkan pada laki-laki, sehingga tercipta lalu lintas yang lebih besar antara kedua sisi otak perempuan. Sebuah studi di Indiana University pada tahun 2000, dibuktikan bahwa perempuan  menggunakan area tepat di atas telinga pada kedua sisi otaknya untuk mendengarkan kata-kata yang diucapkan padanya, sementara laki-laki menggunakan area yang sama, namun hanya pada sebelah kiri saja. Perempuan juga memiliki konsentrasi neurotransmiter dopamin lebih tinggi di sisi otak yang mengendalikan bahasa. Oleh karena itu, perempuan menggunakan lebih banyak bagian otak mereka untuk mendengarkan dan berbicara.
Disamping itu, mainan yang biasa diberikan kepada anak perempuan adalah boneka atau masak-masakan. Mainan tersebut melatih ketangkasan verbal anak perempuan. Ketika bermain boneka otomatis si anak perempuan akan mengajak boneka tersebut berbicara. Begitu juga ketika bermain masak-masakan. Berbeda dengan anak laki-laki yang biasanya diberi mainan mobil-mobilan atau tembak-tembakan. Biasanya ketika bermain mobil-mobilan, anak laki-laki lebih sering menirukan suara mobil ataupun tembakan.
Allah menciptkan segala sesuatu di dunia ini dengan hikmahnya masing-masing. Seperti halnya Allah memberikan kemampuan verbal wanita lebih tinggi daripada pria, salah satunya sebagai cara wanita mengurangi masalahnya. Menurut Dr. John Gray, Ph.D dalam bukunya Men are from Mars, Women are from Venus, wanita yang diibaratkannya sebagai makhluk dari planet Venus, jika mengalami ketegangan atau mendapatkan masalah dalam harinya, untuk memperoleh kelegaan ia akan mencari orang yang dipercayainya, kemudian akan berbicara dengan sangat mendetail mengenai masalah-masalah yang  dihadapinya pada hari itu. Setelah berbagi perasaan mengenai kebingungannya, penduduk Venus akan merasa lebih enak. Berbeda dengan pria yang diibaratkan sebagai makhluk Mars lebih senang menyimpan masalahnya sendiri dan mencoba menyelesaikannya sendiri.
Ketangkasan verbal yang luar biasa tersebut ternyata memberikan kemudahan wanita dalam beberapa hal, salah satunya dalam hal menghapal, baik itu Al-Qur’an atau hal lainnya. Menurut tenaga pengajar MIT Isykarima, anak-anak perempuan lebih cepat menghapal daripada anak laki-laki. Selain itu, kelebihan kemampuan verbal tersebut berguna untuk mendidik anak-anaknya kelak. Seorang ibu lebih banyak berkomunikasi dengan anaknya sejak anak masih dalam kandungan, daripada ayah.
Tak heran jika interpretasi wanita terhadap suatu hal lebih banyak dibandingkan laki-laki. Misalkan saja ketika melihat temannya menggunakan baju yang sama biasanya si mar’ah akan berkomentar “Iih...kok bajunya itu-itu aja siih, nggak pernah ganti baju ya!!!” atau ketika membaca majalah dan menemukan penulisan kata atau bahasa yang kurang tepat biasanya perempuan akan langsung berkomentar, “Aduh ini bahasanya nggak pas!” atau “Ini nggak diedit dulu yah sebelum diterbitin, kok tulisannya berantakan gini sih!”, sedangkan pria tidak terlalu mempermasalahkan hal-hal sepele seperti itu.
 Alangkah baiknya apabila perempuan lebih berhati-hati untuk menjaga lisannya supaya tidak menjerumuskannya ke neraka, karena sebagian besar penghuni neraka adalah perempuan. Ada baiknya kita memikirkan terlebih dahulu apa yang ingin kita bicarakan sebelum mengutarakannya, supaya ucapan-ucapan yang keluar dari lisan kita adalah ucapan yang bermanfaat dan tidak menyakiti orang lain. Selain itu, setiap perkataan yang keluar dari lisan kita harus disesuaikan dengan tempat dan situasi yang tepat, sebagaimana kata mutiara arab yang mengatakan di setiap tempat ada perkataan yang tepat.
Islam adalah agama yang mengatur semua aspek kehidupan, begitupun dalam hal komunikasi. Dr. Akram Ridha dalam bukunya “Agar Wanita Mendapat Syafaat” mengungkapkan bahwa ada tiga poin penting dalam berkomunikasi untuk wanita. Yang pertama adalah merendahkan intonasi suara, memerhatikan dengan seksama, dan tidak memotong perkataan lawan bicara. Oleh karena itu, untuk kaum hawa mari kita memanfaatkan kelebihan kemampuan verbal kita dengan baik dan lebih bijaksana untuk berdakwah fii sabilillah. Mari kita menggunakan lisan kita untuk bertutur kata yang baik supaya kita bisa menjadi mar’ah sholihah yang bisa menjadi sebaik-baik perhiasan dunia. Wallahu’alam bishowab.

0 comments:

Post a Comment

 

Ich bin Muslime ^^ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template