Ketika membaca tafsir Ibnu Katsir, tafsir al-Qurthuby, tafsir Fii Zhilal al-Qur’an, atau kitab tafsir lainnya pasti kita dapati di dalamnya perkataan Imam ath-Thabari. Semua kitab tafsir yang menggunakan metode tafsir bil ma’tsur pasti merujuk pada kitab tafsir Jami’ al-Bayan ‘an Ta’wil Ayyi al-Qur’an atau yang lebih dikenal dengan tafsir ath-Thabari. Siapakah gerangan penulis kitab tafsir luar biasa ini?
Beliau adalah Muhammad
bin Jarir bin Yazid bin Katsir bin Gholib ath-Thabari al-Aamulii al-Baghdadi. Memiliki
nama kuniyah Abu Ja’far walaupun beliau belum menikah dan tidak mempunyai anak,
karena kunniyah adalah sunnah. Biasa dikenal dengan ath-Thabari karena dinisbatkan kepada nama tempat
kelahiran beliau, Thabaristan.
Imam ath-Thabari
dilahirkan di kota Aamul-Thabaristan, pada tahun 224 Hijriyah. Beliau wafat
pada 310 Hijriyah di Baghdad dan hidup selama 89 tahun. Beliau hidup pada masa
Daulah Abbasiyah (750-1242). Abu Ja’far ath-Thabari tidak menikah sampai beliau
wafat. Bukan karena beliau tidak mengikuti sunnah Rasulullah shalallahu
‘alaihi wa sallam, melainkan karena beliau sangat sibuk dengan ilmu dan
berdakwah.
Imam ath-Thabari
mengkhatamkan hapalan al-Qur’annya pada usia 7 tahun. Kemudian pada umur 8
tahun beliau menjadi imam sholat. Beliau bermulazamah kepada ulama-ulama di
daerah Aamul. Pada usia 12 tahun beliau melakukan rihlah ilmiah untuk menuntut
ilmu. Beliau pergi ke Basrah, Kufah, Iraq, Siria, juga Mesir. Bagaimana
dengan kita? Apa yang kita lakukan pada usia seperti ini?
Imam ath-Thabari memiliki kulit berwarna coklat, badannya tegap tinggi, matanya lebar, fashihul lisan, berambut hitam, dan warna hitam pada rambut dan jenggotnya bertahan hingga beliau wafat. Beliau biasa mengonsumsi anggur, buah tin, rutab, za’tar, zaitun, dan khubz. Beliau juga biasa meminum susu kambing dan memakan daging merah. Beliau tidak mengonsumsi tamr, madu, wijen, dan daging yang banyak lemaknya karena beliau memiliki penyakit lambung.[1]
Ibnu Kamal
seorang murid ath-Thabari mengatakan bahwa beliau biasa membagi waktu siang dan
malamnya untuk kemaslahatan dirinya, agamanya, ilmunya dan orang lain. Imam
ath-Thobari adalah sosok ulama yang wara’, zuhud akan dunia, ahli ibadah
dan selalu menjauhi hal-hal yang haram. Beliau selalu ridho dengan apa yang
beliau miliki. Saking zuhudnya, beliau menolak tawaran jabatan penting di
pemerintah dan imbalan harta yang diberikan kepadanya. Ketika Imam ath-Thabari
mengarang sebuah kitab fiqih, beliau dikirimi uang seribu dinar oleh seorang
menteri, al-Abas bin al-Hasan, tetapi beliau menolaknya.[2] Sementara
saat ini banyak orang yang berebut jabatan.
Beliau adalah
sosok ulama yang tawadhu’ dan tidak menyombongkan diri atas segala ilmu yang
dimilikinya. Abdul Aziz ath-Thabari mengatakan bahwa Imam ath-Thabari adalah
sosok ulama yang beradab dalam segala hal. Beliau selalu menjaga adab dalam
berpakaian, makan, hal-hal yang berubungan dengan dirinya, bersikap biasa dengan saudaranya, dan sepertinya candaan
beliau adalah candaan yang paling baik.
Imam ath-Thabari adalah sosok ulama yang berani
menyerukan hal-hal yang haq dan tidak takut dengan celaan orang yang suka
mencela. Beliau bersikap keras terhadap khawarij, mu’tazilah, qadariyah dan
syiah. Orang-orang syiah di Thabaristan sering mengutuk dan mengumpat para
sahabat radhiyallahu ‘anhum ajmain. Ath-Thabari membela sahabat dengan
mengarang kitab tentang keutamaan sahabat Abu Bakar dan Umar radhiyallahu
‘anhuma. Dan pemimpin di daerah Thabaristan kala itu termasuk kalangan yang
mengutuk para sahabat. Kemudian beliau sangat marah dengan tindakan Imam
ath-Thabari dan ingin menjebloskan beliau ke dalam penjara. Lalu Imam
ath-Thabari pun hijrah ke tempat lain.[3]
Abu Ja’far
ath-Thabari sangat disiplin dalam mengatur waktunya. Beliau melakukan qailulah
sebelum zhuhur kemudian sholat zhuhur kemudian menulis sampai ashar
kemudian keluar untuk sholat ashar dan kemudian mengisi ta’lim di masjid
hingga sholat maghrib, kemudian mengajar di masjid sampai sholat Isya. Setelah isya, beliau pulang ke rumahnya dan sibuk dengan
menulis dan tidak mengizinkan seorangpun
menemui beliau kecuali karena urusan yang sangat penting.
Abu Ja’far ath-Thabari
adalah seorang faqih dan menguasai fiqih. Pada awalnya beliau bermazhab
Syafii. Kemudian beliau melanjutkan memperdalam ilmu fiqihnya sampai beliau
menjadi seorang mujtahid yang mutlaqan dan mustaqilan. Kemudian
beliau memiliki mazhab sendiri, dikenal dengan mazhab al-Jaririyah yang
dinisbatkan kepada nama beliau. Mazhab ini memiliki banyak pengikut di awal
kemunculannya. Namun seiring dengan perkembangan zaman mazhab ini makin
berkurang pengikutnya dikarenakan tidak adanya murid beliau yang melanjutkan
mempertahankan mazhab ini. Dan mazhab itu pun berhenti pada abad ke 4.
Imam
ath-Thabari adalah seorang imam besar. Beliau menguasai banyak ilmu, ilmu
fiqih, ilmu qiraat, tafsir, hadits maupun tarikh. Beliau juga
dinobatkan sebagai Bapak Tafsir dan Bapak Sejarah. Semasa hidupnya Imam
ath-Thabari disibukkan dengan menuntut ilmu, menulis, dan mengajar. Beliau
termasuk ulama yang produktif dalam menulis. Setiap harinya beliau mampu
menulis 40 halaman. Berdasarkan riwayat dari Khatib al-Baghdadi yang diambil
dari Ali bin Ubaidillah al-Lughawi asy-Syamsi, Imam ath-Thabari sudah aktif
menulis selama 40 tahun. Jika dikalkulasikan, beliau biasa menulis setiap
harinya sebanyak 40 lembar. Dan beliau telah aktif menulis selama 40 tahun.
Berarti kira-kira beliau telah menghasilkan sekitar 548.000 lembar tulisan.
Ketika
beliau ingin menulis kitab tarikh beliau berkata kepada muridnya : “Maukah
kalian menulis kitab tarikh dari zaman Nabi Adam hingga zaman kita saat ini?” Kemudian muridnya
berkata : “Berapa banyak?” Imam ath-Thabari menjawab : “Tiga puluh ribu
lembar!” Kemudian muridnya menjawab : “Ini tidak mungkin selesai walaupun kita
sudah meninggal.” Lalu Imam ath-Thabari berkata : “Innalillahi, matatitil himam (sudah mati tekad).” Kitab tafsir yang semula beliau rencanakan
terdiri dari 30.00 lembar beliau ringkas menjadi 3.000 lembar.
Di
antara karya beliau adalah Jaami’ul Bayan ‘An Ta’wili Ayil Qur’an -yang
lebih dikenal dengan Tafsir ath-Thabari-, Tarikh al-Umam wa al-Muluk –yang
dikenal dengan Tarikh ath-Thabari, Tahdzib al-Atsar wa at-Tafdhil
ats-Tsabit, Ikhtilaf al-Ulama al-Amshar fi Ahkam Syara’i al-Islam –yang
dikenal dengan Ikhtilaf al-Fuqaha-, Dzail al-Mudzil, Lathif al-Qaul
fi Ahkam Syara’i al-Islam, Adab al-Qudhah, al-Musnad al-Mujarrad, al-Qiraat wa
Tanzil al-Qur’an, Mukhtasar Manasik al-Hajj, al-Mujiz fi al-Ushul, dan Musnad
Ibnu ‘Abbas.
Karangan beliau
yang termasyhur adalah Jaami’ul Bayan ‘An Ta’wili Ayil Qur’an yang lebih
dikenal dengan tafsir ath-Thabari dan Tarikh al-Umam wa al-Muluk yang
lebih dikenal dengan Tarikh ath-Thabari. Dalam bidang tafsir sendiri karya Imam
ath-Thabari ini merupakan tafsir generasi pertama yang dibukukan sehingga masih
utuh sampai saat ini. Bukan berarti sebelum Imam ath-Thabari belum ada
pembukuan tafsir. Sebelum pemerintahan daulah Abbasiyah gerakan pembukuan ilmu
pengetahuan belum terlalu gencar. Baru pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah
gerakan pembukuan ilmu pengetahuan mulai berkembang dengan sangat pesat.
Ya beliau lah
seorang syaikhul mufassiruun yang menginspirasi banyak orang. Semoga
bisa muncul generasi-generasi seperti beliau. Harapan setiap orang tua ingin
memiliki anak seperti beliau. Termasuk saya... Aamiin.. Minimalnya bisa hafal
Quran di usia 10 tahun....;D
Wallahu ta’ala a’lam
0 comments:
Post a Comment