Tuesday 14 February 2012

Dauroh…oh Daruroh…part II

Rasanya sudah lama sekali tidak nge-blog. Rindu hati ini mau nge-blog. Tiga minggu yang lalu padat banget dauroh. Baru selesai dauroh sama Ustadzah Ahlam dari Saudi langsung dilanjutin sama Syeikh Hisyam dari Mesir (Jami’ah Al-Azhar) ngebahas kitab Qotrunnada’ pula.
Tapi Alhamdulillah banget, Allah mengizinkan saya bisa menuntut ilmu dari para masayikh yang Insya Allah ilmunya nggak jauh berbeda dengan para ulama salaful ummah terdahulu. Alhamdulillahnya lagi saya nggak harus pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa mulazamah sama masayikh. Tapi tetep…belajar di luar negeri masih jadi impian saya…:DD
Enaknya belajar sama masayikh itu banyak dapet do’a. Di setiap majlis selalu mengalir milyaran do’a dari mulut syeikh. Apalagi kalau syeikhnya sudah benar-benar ‘syeikh’ atau berumur. Makin banyak dah tu do’anya. Walaupun terkadang saya nggak terlalu paham sama apa yang diomongin sama syeikh. Tapi setidaknya dengan menghadiri halaqoh ilmiyah ada ribuan malaikat yang mendo’akan dan selalu berlimpahan do’a. :DD

Alhamdulillah dapet kesempatan ngobrol sama native speaker bahasa Arab lagi. Kalau dulu sama Anisah Ghina dari Syria, sekarang sama Ustadzah Ahlam Sulaiman dari Saudi. Enaknya Ustadzah Ahlam usianya nggak jauh berbeda sama saya. Beliau tiga tahun lebih tua dari saya.  Kebetulan beliau masih duduk di bangku kuliah semester akhir Fakultas Bahasa Inggris di sebuah universitas di daerah Qosim-Saudi Arabia. Beliau datang ke Indonesia dalam rang ka liburan kuliah. Beliau datang bersama suaminya yang juga masih kuliah di Universitas Ummul Qura’, Makkah. Untungnya ustadzah Ahlam bisa bahasa inggris, jadi kalau saya mulai error bahasa arabnya ujung-ujungnya saya nanya pakai bahasa inggris…:DD
Subhanallah saya kagum sama beliau. Beliau adalah sosok muslimah yang sangat langka saat ini. Beliau sangat menjaga harga dirinya sebagai seorang muslimah. Beliau adalah wanita sholeha yang hanya berhias untuk suaminya. Terbukti di saat beliau mengisi dauroh keluar dari rumahnya beliau berpakaian serba hitam dan tertutup mukanya. Beliau juga tidak berdandan seperti muslimah kebanyakan ketika keluar rumah. Walaupun beliau tidak berdandan kecantikannya tetap terpancar. Namun ketika saya belajar di rumahnya, beliau tampil cantik sekali. Beliau benar-benar menghormati dan menghargainya. Beliau berhias hanya untuk suami tercinta. Subhanallah. Saya ingin mencontoh beliau. Beliau juga hapal Al-Qur’an di usia remajanya ketika beliau duduk di bangku kelas 2 SMA. Walaupun beliau tidak berkuliah di jurusan agama atau syariah, beliau mafhum dengan masalah-masalah syariah. Terkhusus masalah fiqih yang berkaitan dengan wanita. Semangat beliau dalam berdakwah sungguh luar biasa. Di umurnya yang masih muda, beliau tidak sungkan berdakwah kepada orang-orang yang usianya lebih tua darinya. Semoga saya bisa mencontoh beliau.
Ustadzah Ahlam adalah sosok seorang kakak perempuan bagi saya. Dari dulu saya ingin sekali memliki kakak perempuan. Tapi karena saya anak perempuan pertama, dan semua kakak saya laki-laki, jadi mau tak mau saya harus menjadi sosok kakak perempuan yang bisa menjadi teladan bagi adik-adikny. Semoga saya bisa menjadi qudwah bagi adik-adik saya. Aamiin…^^ Saya menganggap ustadzah Ahlam sebagai kakak. Karena beliau bukan hanya mengajari saya berbahasa Arab dan ilmu syar’i lainnya, tapi beliau juga seperti kakak yang siap mendengarkan keluh kesah saya. Beliau juga selalu memberi nasihat kepada saya layaknya seorang kakak kepada adiknya. Tak heran jika saya merasa kehilangan beliau ketika beliau kembali ke Makkah.:( I miss her already….T______T
Baru satu hari beliau pulang, sudah ada dauroh lagi di depan mata. Kali ini dauroh dengan Syeikh Hisyam Husnain Ali Bahriyah, seorang doktor bahasa arab dari Al-Azhar University, Mesir. Beliau adalah pakar di bidang nahwu. Syeikh Hisyam mengisi dauroh kitab Qotrunnada’, kitab nahwu yang menurut saya luar biasa sulit. (gimana nggak, biasanya belajar pake kitab nahwu ala gontor atau nggak nahwu wadhih). Udah gitu pembahasan yang ada di dalam kitab juga baru bagi saya. Dan saya harus benar-benar menyiapkan otak untuk dauroh kali ini.
Rasanya otak panaaas banget setiap selesai dauroh. Snack konsumsi sehari-hari pun jadi bertambah semenjak dauroh. Beli chocolatos 5 ribu perak jadi hal yang biasa…(hahahhaahha…….freak dia). Tapi fun fun ajah. Apalagi yang ngajar Syeikh Hisyam. Beliau saya anggap sebagai grandpa saya.;DD
Syeikh Hisyam orang paling jenius yang pernah saya temui dalam bidang nahwu. Tesis beliau waktu program magister tebalnya naudzubillah. Ngedenger kata tebel tesisnya saya udah plongo. Ada 300 halaman. Dan yang dibahas bikin saya tambah plongo. Beliau membahas tentang surat Al-Baqarah i’raban, aswatan, dan qiraatan syaazan wa shohihan. Yang dipilih sama beliau nggak tanggung-tanggung, surat terpanjang di dalam Al-Qur’an. Udah gitu dii’rab juga pula. Ditambah lagi qiraahnya baik yang shahihan atau yang ghairu shahih. Subhanallah. Benar-benar kakek yang membanggakan. Dari gayanya keliatan kalau beliau adalah orang yang jenius. Terlihat dari kacamatanya yang super tebal dan gaya bicaranya yang sangat berwibawa dan berbobot. Alhamdulillah saya bisa mencuri ilmu dari beliau. Walaupun masih setengah paham atau tidak.
Berhubung dosen sudah dateng, kerinduan dengan nge-blog ditunda dulu ya…:DDDD

0 comments:

Post a Comment

 

Ich bin Muslime ^^ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template