Monday 12 November 2012

Surat Cinta untuk Mahasiswa


“Hey dunia gue udah jadi mahasiswa lho!”
Terus kenapa? Emang apa sih kerennya jadi mahasiswa?
“Jadi mahasiswa nggak perlu pake seragam putih abu-abu kaya anak SMA.” (Bener sih)
“Enaknya jadi mahasiswa, kita punya jas almamater yang kalau kita pakai kemanapun langsung dikenal, ‘Liat deh itu mahasiswa UI pake jaket kuning’ atau ‘Wah jas karung goni mahasiswa UGM’ or ‘Wah jas berlogo ganesha, pasti itu anak ITB’” (Oke argumen diterima)
Okeh.. selamat... Anda sekarang telah menjadi Mahasiswa. Teyus? (sejak kapan saya kena virus alay yak)
Kawan.. memulai hidup baru di dunia kampus memang sangat menyenangkan. Banyak hal baru yang akan menghampirimu. Dari mulai teman baru, lingkungan baru, baju baru, pelajaran baru, organisasi baru, dan hal-hal baru lainnya. Buat sebagian mahasiswa mungkin ini adalah pengalaman pertama mereka jauh dari orang tua dan harus mandiri hidup di kost-an. Biasa di rumah makan serba ada, ketika di kost harus nyari sana-sini. Di rumah biasa makan makanan 4 sehat 5 sempurna, tapi waktu nge-kost harus rela berteman akrab dengan mi instan.
Nah sudah barang tentu banyak yang terkena cultural shock dengan suasana baru ini. Oleh karena itu mahasiswa baru dituntut untuk bisa mengatur keuangannya –apalagi yang dikasih duit jajan pas-pasan-, bisa disiplin dengan waktunya, juga mandiri mangatur semua urusannya. Jangan lupa untuk membuka diri bersosialisasi sama temen-temen baru dan para senior coz mereka adalah keluarga baru kalian.
Banyak yang ketika menjadi mahasiswa mereka merasa mereka hidup bebas. Mereka bebas melakukan apa yang mereka inginkan. Bebas pergi sama siapa aja, bebas ngapain aja, bebas hang out ke mana aja. Mahasiswa kan nggak perlu diatur-atur lagi sama mama and papa di rumah. ‘Mahasiswa gitu lho!’
Kawan.. bukan berarti karena kamu mahasiswa kamu bebas ngelakuin apa aja dan nggak ada aturan. Siapa bilang? Kamu masih hidup di dunia kan? Dan di dunia masih ada aturan-aturan yang harus kamu taati. Sebagai seorang Muslim wajib bagi kamu menaati aturan Allah yang tercantum dalam al-Quran dan dilengkapi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dengan as-Sunnah. Menjadi mahasiswa bukan berarti menggugurkan kewajiban-kewajiban kamu terhadap Allah. Sholat lima waktu harus tetap dijaga. Pergaulan juga harus pinter milih-milih, apalagi kalau kamu tipe orang yang mudah terbawa dan bukan ngebawa. Kita semua tahu kalau pergaulan sekarang ini makin bebas, lebih bebas dari pasar bebas malah (maksud?). Nggak heran kalau banyak perempuan yang terpakasa harus married by accident di saat kuliah belum selesai. Kalau dulu orang hamil di luar nikah itu hal yang teramat sangat tabu, tapi sekarang jadi terlihat biasa aja. Nah lho! Asal jangan dijadiin trend aja.
Kalau kamu mau tetap survive jadi mahasiswa, kamu harus punya prinsip dan idealis biar kamu nggak terombang-ambing ke sana kemari. Apalagi kampus adalah sebuah lingkungan heterogen dengan berbagai kelompok mahasiswa.  Tanpa prinsip siap-siap lah kamu dilindas sama temen-temen kamu yang lain. (pengalaman dari temen-temen lain)
Yang terpenting adalah kamu tanyakan pada diri kamu, BUAT APA KAMU KULIAH?
Buat dapet gelar sarjana kah? Biar gaya kah? Atau sekedar ngikutin kemauan orang tua doang?
Lantas kalau udah jadi sarjana kamu mau apa. Gelar sarjanamu itu pasti bakalan ditanya sama orang-orang sekampung “Apa yang udah kamu lakuin dengan gelar sarjanamu itu?”
Apalagi kalau kamu tahu ternyata yang bayarin uang kuliah kamu adalah tukang becak yang belum tentu bisa membiayai anaknya sendiri untuk kuliah.
‘Aku kuliah biar bisa dapet pekerjaan brgengsi dengan ijazah PTN !’
Apakah kamu kuliah cuma buat ngenyangin perut kamu doang. Sementara orang-orang yang dulu bayarin kuliah kamu harus jadi pengangguran. Parah lagi kalau kamu justru menambah daftar nama deretan pengangguran di Indonesia. Nggak mau kan?
So, renewing your aim being a college student!

Wallahu ta'ala

NB : It was Putri’s request for OSPEK in her univ... I never though I could make this note. It’s a self reflection for ma self.. and I hope this could inspire you :D

0 comments:

Post a Comment

 

Ich bin Muslime ^^ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template