Friday 26 April 2013

Seluruh Makhluq Pun Mendoakan


Allah berkalam “Berdo’alah kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan”. Allah memberi jaminan setiap do’a akan diijabah. Mungkin bukan hal yang kita inginkan, tapi yang kita butuhkan. Karena Allah tau hal yang terbaik untuk hamba-Nya. Kita hanya perlu berdo’a yang tentunya disertai dengan usaha. Do’a kita seorang diri saja Allah pasti mengijabahnya, bagaimana dengan do’a seluruh makhluq? Alangkah indahnya apabila seorang makhluq pun ikut serta mendo’akan kita. Makhluq-makhluq Allah di langit maupun di bumi. Malaikat pun tak terkecuali. Bahagianya sekali saat malaikat pun ikut mendo’akan diri.

Hey… tunggu dulu? Mana mungkin seluruh makhluq ikut mendo’akan kita. Mengenal mereka pun tidak. Mungkin. Bisa. Dan sangat bisa. Bahkan dengan sangat mudah. Jadilah thoolibul ‘ilm, seorang penuntut ilmu. Rasulullah berkata :
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا , سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ , وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ , وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ , وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ , وَمَنْ فِي الْأَرْضِ , وَكُلُّ شَيْءٍ حَتَّى الْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ , وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ , إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا , وَأَوْرَثُوا الْعِلْمَ , فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah akan bukakan baginya salah satu jalan menuju surga. Sesungguhnya para malaikat benar-benar meletakkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu. Sesungguhnya orang yang berilmu benar-benar akan dimintakan ampun oleh semua penduduk langit dan bumi, bahkan ikan hiu yang ada di dasar air. Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu atas ahli ibadaha adalah seperti keutamaan bulan pada bulan purnama atas seluruh bintang. Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi itu tidaklah mewariskan dinar maupun dirham, tetapi mereka hanya mewariskan ilmu. Maka, barangsiapa yang mengambilnya, berarti ia telah mengambil jatah yang cukup banyak.(HR. Abu Dawud no. 3641 dan Tirmidzi no. 2683)

Hadits ini adalah moodbboster terbaik bagi setiap penuntut ilmu. Dalam hadits dijelaskan penghormatan besar yang diperoleh para penuntut ilmu. Para malaikat meletakkan sayap-sayapnya kepada penuntut ilmu dengan rendah diri dan rasa hormat. Begitu juga dengan para makhluq Allah yang berada di langit, bumi dan lautan yang jumlahnya hanya diketahui oleh Allah. Semuanya akan memintakan ampun dan berdoa untuk para penuntut ilmu. Cukuplah seorang penuntut ilmu itu merasa bangga bahwa ia sedang berjalan untuk mendapatkan warisan para nabi dan meninggalkan para pecinta dunia dengan kesibukkan dunia mereka, berkumpul dengan para gadisnya, sibuk dengan harta kekayaan dan saling berlomba untuk mendapatkannya.   
Para penduduk langit dan bumi rela mendo’akan para penuntut ilmu sebagai ungkapan terima kasih mereka. Karena dengan adanya seorang ‘alim di suatu tempat, kerusakan tidak akan terjadi. Bahkan ikan-ikan di dasar lautan pun tak mau kalah mendo’akan. Itulah bukti terima kasih mereka kepada orang ‘alim. 

Betapa bahagianya ketika seluruh makhluq mendo’akan kita memohonkan ampunan bagi kita. Mudah. Sangat mudah mendapatkan do’a seluruh makhluq. Cukup hadiri majlis-majlis ilmu dan ambil bagian dalam proses thoolibul ‘ilm.

Wallahu ta’ala a’lam

0 comments:

Post a Comment

 

Ich bin Muslime ^^ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template