Friday 20 April 2012

PERCANTIK DIRI DENGAN BAHAN ALAMI

Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik, apalagi di hadapan suami. Dan sudah menjadi fitrah seorang wanita untuk selalu mempercantik diri hari demi hari, wa bil khusus bagi yang sudah menikah. Seorang istri wajib memperhatikan penampilannya supaya tetap terlihat cantik dan enak dipandang oleh suami. Suami pasti senang sekali apabila ketika datang ke rumah, istrinya berwajah segar dan sudah berdandan, menyambut kedatangan suami. Bukan malah ketika suami datang, penampilan berantakan, boro-boro dandan, muka item-item kena areng dari wajan.
Eits….buat muslimah yang belum menikah juga harus tetap memperhatikan penampilan diri lho, buat aset sebelum menikah….hehehehe:DD Tapi awas jangan berlebihan ya, karena bisa membuat fitnah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat penampilan tetap cantik. Ada cara yang mahal, ada juga cara yang murah meriah. Cara yang mahal adalah dengan pergi ke klinik kecantikan secara rutin atau ke salon. Sedangkan cara yang murah adalah cukup berdiam diri di rumah dan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada untuk perawatan. Daripada bayar mahal-mahal ke salon atau klinik kecantikan, lebih baik kita memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Selain lebih murah, bahan-bahan yang digunakan juga alami dan Insya Allah tidak berbahaya. Lumayan kan uang untuk ke salonnya bisa digunakan untuk belanja kebutuhan.
Banyak bahan-bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk maskeran atau luluran. Ada apel yang bisa bikin muka fresh, pepaya yang bisa meminimalisir kerut di wajah, madu yang bisa menghilangkan bekas jerawat, alpukat yang bisa melembabkan kulit, mentimun yang bisa menyegarkan mata dan masih banyak lagi lainnya. Nah berikut ini ada tips-tips yang bisa ukhti praktekkan di rumah.

A. Madu
Siapa yang tidak kenal madu? Sebuah cairan manis yang dihasilkan lebah dengan bahan dasar yang berasal dari nektar buah atau bunga. Madu juga disebutkan oleh Allah dalam Al-Qur’an dan Rasulullah shalallahu ’alaihi wa sallam dalam As-Sunnah, yang memiliki banyak sekali khasiat. Cairan berwarna kekuningan ini tidak hanya bermanfaat sebagai obat atau bahan pemanis makanan, tapi juga sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit. Ratu Cleopatra pada zaman Fir’aun dan Ratu Anne dari Inggris telah memanfaatkan madu untuk kecantikan mereka.
Madu mengandung sifat penyembuh alami yang terdiri dari enzim, antioksidan, vitamin, mineral, anti bakteri, dan juga potassium yang sangat baik untuk melembabkan wajah. Selain itu madu sangat baik digunakan untuk perawatan kulit sensitif. Madu juga dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, dan mengurangi kemerahan atau iritasi akibat jerawat.
Untuk mendapatkan cantik yang alami dengan madu tidaklah sulit, cairan bening berwarna kekuningan ini kental dan lembut sehingga mudah untuk dimanfaatkan. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan wajah dengan menggunakan madu yang bisa ukhti praktekkan di rumah :
1. Untuk melembabkan wajah, ukhti bisa membuat masker alami dari campuran madu dan susu. Bersihkan wajah sebelum pemakaian masker dengan susu pembersih dan sabun lembut kemudian bilas dengan air hangat. Lalu oleskan masker dengan aplikator atau jari yang sudah dibersihkan. Diamkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan handuk kecil yang sudah dibasahi air hangat hingga bersih.
2. Untuk membersihkan wajah, ukhti dapat mencampurkan 1 sendok makan madu, 1 butir putih telur, 1 sendok makan gliserin (bisa didapatkan di apotek), dan 1 sendok teh tepung terigu. Aduk semua bahan hingga rata lalu oleskan ke wajah yang telah dibersihkan sebagai masker. Biarkan kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat.
3. Sebagai penyegar wajah, gunakan campuran 1 sendok makan air perasan lemon, 1 sendok teh madu, dan 2 butir putih telur. Aduk semua bahan hingga merata kemudian oleskan ke wajah yang telah dibersihkan sebagai masker. Biarkan kurang lebih sepuluh menit, dan bersihkan wajah dengan handuk kecil yang telah dibasahi air hangat sampai bersih.
4. Atau ukhti juga bisa menggunakan masker madu saja tanpa campuran apa-apa. Cukup bersihkan wajah dengan susu pembersih dan sabun lembut, lalu bilas dengan air hangat. Oleskan madu murni yang telah dipanaskan kurang lebih 10 detik ke bagian wajah dan leher dengan aplikator atau jari yang sudah dibersihkan. Diamkan kurang lebih 25 menit. Bersihkan madu dengan mengusapkan handuk kecil yang sudah dibasahi air hangat ke seluruh wajah dan leher hingga semua madu benar-benar bersih dari wajah dan leher.
Lakukan proses ini 2-3 kali seminggu atau sesuai kebutuhan. Insya Allah jerawat berkurang, bekas jerawat hilang, dan kulit akan lebih bercahaya serta kelembaban kulit terjaga.
B. Zaitun
Sepertinya tidak ada yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, karena segudang manfaat yang dimilikanya. Dari mulai batang pohonnya, buahnya yang sudah matang ataupun belum, hingga perasan buahnya yang berupa minyak. Minyak dari pohon yang disebutkan dalam Al-Qur’an ini kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi. Apabila dikonsumsi, buah zaitun atau minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker usus, penyakit kandung kemih, dan penyakit jantung.
Minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kecantikan wajah, karena mengandung zat linoleic acid yang mampu menjaga air menguap. Zat ini sangat baik digunakan untuk pelembab kulit. Apalagi jika digunakan oleh orang yang berwajah kering dan mulai berkeriput, karena buah zaitun mengandung minyak sebesar 15 persen yang mampu melembabkan kulit dengan baik. Disamping itu, dapat menjaga elastisitas kulit sehingga meminimalkan munculnya keriput dini. Minyak zaitun sendiri dapat dicampur dengan bahan lain sebagai masker ataupun dioleskan tanpa campuran apapun.
Anda bisa mengoleskan minyak zaitun secara merata setiap malam ke permukaan wajah hingga leher yang telah dibersihkan dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Nah, ketika mengoleskan minyak ke wajah, jangan lupa untuk memijat-mijat wajah, karena dapat membantu mengendurkan otot di wajah setelah lelah beraktivitas. Jika dilakukan secara teratur, kuliat wajah akan terlihat segar dan kelembaban kulit akan terjaga.
C. Bengkoang
Umbi-umbian yang memiliki nama latin Pachyrizus erosus ini juga dapat membersihkan dan memutihkan kulit, termasuk menghilangkan bintik hitam pada wajah. Bengkoang sangat baik bagi kulit karena mengandung pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Berikut ini cara pemanfaatannya :
1. Untuk menghilangkan bintik-bintik hitam, parut bengkoang secukupnya. Hasil parutan bengkoang tadi dioleskan ke wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.
2. Untuk memutihkan kulit, parut bengkoang dan hasil parutannya di jemur hingga kering. Ambil parutan tadi secukupnya, sisanya dapat disimpan di tempat tertutup. Campur parutan bengkoang dengan air mawar, lalu gunakan sebagai masker.
Sebaiknya gunakan bengkoang yang masih segar. Apabila digunakan secara rutin, Insya Allah bintik hitam di wajah hilang kulit akan menjadi lebih putih berseri.
D. Timun
Mentimun, timun, atau ketimun adalah buah yang sangat kita kenal. Buah ini biasa digunakan untuk lalapan. Buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi. Bukan hanya itu, ternyata buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi wajah kusam, menyegarkan mata, mengatasi kulit yang terbakar matahari, membersihkan wajah dan sebagai penyegar wajah.
Untuk mengatasi wajah kusam, ukhti tidak perlu bingung. Cukup kupas sebuah mentimun dan parut. Kemudian campurkan parutan mentimun dengan air. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Sebaiknya gunakan buah mentimun yang masih segar. Untuk menyegarkan mata, ukhti bisa memotong buah mentimun yang telah dibersihkan. Kemudian letakkan potongan mentimun tadi pada kedua mata, dan diamkan selama 15 menit. Insya Allah mata akan menjadi lebih segar.
E. Alpukat
Alpukat atau Persea americana memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Buah ini mengandung 11 vitamin dan 14 mineral. Alpukat juga kaya akan protein, riboflavin (dikenal dengan vitamin B2), niasin (dikenal dengan vitamin B3), potassium (kalium), dan vitamin C. Sama seperti miyak zaitun, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh. Lemak pada alpukat biasa dimanfaatkan dalam pembuatan sabun pencuci muka dan kosmetik.
Alpukat dapat membuat kulit lebih kencang dan meminimalisir keriput. Caranya cukup blender buah alpukat, kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Bisa juga ukhti mngoleskan minyak zaitun terlebih dahulu sebelum menggunakan masker alpukat.
Nah...gak perlu mahal kan untuk mendapatkan wajah yang cantik, bebas jerawat dan fresh? Yang terpenting adalah tekun dan rajin untuk menjaganya. Jika tips-tips di atas dilakukan secara teratur, Insya Allah ukhti bisa tampil cantik seperti bintang film tanpa harus pergi ke salon dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain tidak berdampak, bahan-bahan di atas mudah didapatkan dan cukup murah meriah. Uhkti bisa tetap tinggal di rumah dan pekerjaan rumah tidak terbengkalai.
Eits…jangan lupa, cantik diri saja tidak berarti lho apabila hati dan akhlak kita tidak cantik. Mau tau caranya? Silahkan baca artikel sebelumnya “Cantik Diri atau Cantik Hati”. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.
Wallahu a’lam bishowab

0 comments:

Post a Comment

 

Ich bin Muslime ^^ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template