Friday, 5 October 2012

Bersyukurlah dan Allah Akan Menambah...;D

“Haduuuh aku makin gendut. Aku pengen diet biar kurus!”, ucap seorang perempuan dengan badan  lumayan big size.
“Huh...badanku kurus banget ya. Padahal aku udah makan banyak lho. Aku pengen deh punya badan gemuk”, ucap perempuan lain yang berbadan kurus.
“Iiih idungku pesek. Pasti kalau idungku mancung aku lebih cantik deh.”
“Pengen punya kulit putih kaya artis-artis. Iri deh sama mereka, kulitku kan hitam”, ungkap seorang perempuan yang sudah berkulit putih dan merasa masih belum putih.
“Aaaaarrrrrrgggggghhhh...wajahku jerawatan.”
“Nggak enak jadi orang pendek. Dikira anak kecil setiap jalan ke mana-mana. Aku pengen jadi orang tinggi.”
“Nasib jadi orang tinggi, nyari baju susah. Kalau nggak jahit sendiri pasti dapetnya cingkrang mulu.”
Inilah berbagai keluh kesah yang sering keluar dari mulut mayoritas kaum hawa. Padahal mereka masih bisa melihat dengan sepasang mata indah walaupun muka mereka berjerawat. Masih bisa makan enak walaupun badan mereka kurus. Dikarunia badan sehat walaupun gemuk. Masih punya tangan yang utuh walaupun bertubuh pendek. Tidak kekurangan satu jemari pun meski tinggi badan berlebih. Dan memiliki anggota badan lengkap tanpa kekurangan suatu apapun.  Yang terpenting, masih bisa bernapas menghirup udara segar ketika bangun di pagi hari !

Bersyukur…inilah hal yang mudah diucapkan tapi sulit untuk direalisasikan. Padahal kalau kita bersyukur, Allah akan menambahnya. Waaah berarti kalau saya bersyukur punya badan gemuk nanti Allah akan menambah berat badan saya jadi tambah gemuk dong! Terus kalau gue bersyukur dengan jerawat yang bertengger indah di muka gue, jerawat gue ditambah banyak sama Allah gitu, muka gue makin banyak jerawatnya dong !!!
Nggak gitu juga kali guys. Maksudnya kalau kita mensyukuri nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita, niscaya Allah akan menambah nikmat lainnya kepada kita. Buat yang berbadan subur, kalau misalkan bersyukur  bisa jadi Allah menambahkan nikmat lainnya, bisa jadi rezekinya makin lancar. Atau buat yang lumayan punya banyak jerawat di muka, dan bersyukur siapa tahu Allah menambah nikmatnya terus wajahnya makin cantik.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surat Ibrahim ayat 7:
لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ…
Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”
Manfaat syukur akan menguntungkan pelakunya. Allah tidak akan memperoleh keuntungan dengan syukur hamba-Nya dan tidak akan rugi atau berkurang keagungan-Nya apabila hamba-Nya kufur. Allah berfirman, ''Dan siapa yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan siapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Mahakaya lagi Mahamulia.'' (QS 27: 40).
Hakikat dari syukur sendiri adalah menampakkan nikmat dengan menggunakannya pada tempat dan sesuai dengan kehendak pemberinya. Sedangkan kufur adalah menyembunyikan dan melupakan nikmat. Guys…syukur itu akan menguntungkan pelakunya. Allah tidak akan memperoleh keuntungan dari syukurnya seorang hamba. Allah juga tidak akan rugi atau berkurang keaguangannya apabila hamba-Nya kufur. Allah menyebutkannya dalam al-Qur’an surat al-An’am ayat 40 :
وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِيمٌ
Dan barangsiapa bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barangsiapa ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Mahakaya dan Mahamulia.”
Bersyukur bisa diwujudkan dengan hati, lisan maupun perbuatan. Bersyukur dengan hati maksudnya, menyadari dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa nikmat yang kita peroleh adalah pemberian dari Allah. Bukan hanya hasil kerja keras, usaha atau kepintaran sendiri. Banyak orang yang bangga dengan keberhasilan dirinya dan menganggap bahwa itu adalah murni usaha dan jerih payahnya sendiri. Padahal ada campur tangan Alllah di dalam kesuksessannya itu. Apabila kita yakin bahwa segala sesuatu yang kita miliki, kita capai, dan kita dapatkan adalah pemberian Allah, serta bersyukur dengan semua yang kita dapat, niscaya kita tidak akan keberatan dengan apapun yang kita miliki dan kita dapatkan.
Adapun bersyukur dengan lisan yaitu dengan memuji Allah, memperbanyak mengucap hamdalah. Ucapan hamdalah (alhamdulillah) adalah sebuah pengakuan bahwa yang terberhak menerima pujian hanyalah Allah. Sedangkan bersyukur dengan perbuatan adalah dengan senantiasa istiqomah menjaga ibadah kita, mentaati perintah Allah dan menjauhi larangannya, serta memanfaatkan nikmat yang kita dapatkan untuk kebaikan.
Bersyukurlah kawan, Allah pasti akan menambah nikmat-Nya….:D
Be grateful with all the things that you have and your life will be easier and simple…^^
Sudahkah Anda beryukur pagi ini masih diberi kesempatan untuk bernapas dan beraktifitas?

2 comments:

 

Ich bin Muslime ^^ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template