Tuesday 11 September 2012

Kenapa Pilih Islam?

Kenapa Anda memilih Islam sebagai jalan hidup Anda? Why did you choose Islam as your path?
‘Karena orang tua saya dan seluruh nenek moyang saya Islam.’
‘Saya merasa nyaman dengan agama Islam yang tidak hedonis.’
‘Islam adalah satu-satunya agama yang diakui oleh Allah dalam al-Qru’an.’
Alasan manakah yang Anda pilih? Atau Anda memiliki alasan lainnya? Saudariku banyak sekali alasan untuk berpegang teguh dengan Islam. Islam adalah agama yang istimewa dan berbeda dengan agama atau kepercayaan lainnya. Di samping Allah memberikan garansi bahwa Islam adalah agama yang diridhai dalam surat al-Maidah ayat 3 dan satu-satunya agama yang Allah akui dalam surat Ali Imran ayat 19 masih banyak sekali keistimewaan yang ada dalam Islam. Pada kesempatan kali ini kami akan menjabarkan tiga keistimewaan Islam yang sudah banyak diketahui oleh ummat Islam, namun kurang banyak disadari.
Yang pertama adalah Islam memiliki kitab suci yang tidak sama dengan kitab suci agama lain. Kitab suci ummat Islam (al-Qur’an) terjaga keasliannya dari awal diturunkan hingga akhir zaman kelak. Allah subhanahu wa ta’ala menjamin itu dalam surat Al-Hijr ayat 9 :
إِنَّا نَحْنُ نزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ
“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”
Selain itu tidak pernah ada revisi dalam al-Qur’an. Bahasa yang digunakan pun hanya satu, bahasa Arab. Isi al-Qur’an hanya berasal dari Sang Maha Pencipta, Allah subhanahu wa ta’ala. Dan walaupun banyak mushaf al-Qur’an yang dimusnahkan, keaslian al-Qur’an akan tetap terjaga dengan adanya para hamalatul qur’an atau para hufazhul qur’an (penghapal Qur’an). Berbeda dengan alkitab. Jarang sekali kita temukan ada penghapal alkitab. Seorang mantan Katolik yang juga misionaris, penulis buku Mustahil Kristen Bisa Menjawab, H. Insan LS Mokogonita mengakui bahwa alkitab sulit dihapal. Di tahun 2005, beliau pernah menantang para pendeta dan bertaruh akan masuk kristen kembali apabila di antara para pendeta itu ada yang hafal satu lembar saja isi alkitab. Ternyata tidak ada yang berhasil memenuhi tantangan beliau. Pak Moko mengatakan bahwa al-Qur’an adalah kitab suci yang mudah dihafal dan dipelajari, karena itu merupakan mukjizat al-Qur’an. Lain dengan alkitab yang bukan kitab suci, karena tidak mempunya mukjizat. Dan syarat suci adalah mengandung mukjizat.

Bila kita tengok alkitab, bahasa yang digunakan pada alkitab di Australia berbeda dengan di Indonesia. Beda negara, maka beda pula bahasa yang digunakan dalam alkitab. Sedangkan al-Qur’an di negara manapun bahasa yang digunakan adalah bahasa arab, hanya terjemahnya saja yang menggunakan bahasa berbeda.
Pada alkitab terdapat revisi. Hal itu terbukti dengan adanya Alkitab Perjanjian Baru (The New Testament) dan Perjanjian Lama (The Old Testament). Selain itu, isi alkitab bebas direvisi oleh para uskup gereja yang tidak lain hanyalah seorang makhluk. Misalnya saja seperti yang terjadi di Amerika Serikat. Para uskup di Amerika pada bulan Juni lalu mengumumkan rencana untuk merevisi perjanjian Baru dari New American Bible.
Keistimewaan Islam yang kedua adalah tanah suci yang dimiliki oleh Islam. Apalagi kalau bukan tanah suci Makkah al-Mukarramah. Tanah suci yang tidak pernah sepi didatangi oleh ummat Islam. Satu-satunya kiblat ummat Islam dari seluruh penjuru dunia baik yang berkulit hitam maupun berkulit putih. Tempat di mana orang-orang kafir dan orang-orang musyrik tidak boleh masuk ke dalamnya. Karena mereka tidak diperbolehkan memasuki Makkah sesuai dengan perintah Allah dalam surat at-Taubah ayat 28 :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْمُشْرِكُونَ نَجَسٌ فَلَا يَقْرَبُوا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ بَعْدَ عَامِهِمْ هَذَا وَإِنْ خِفْتُمْ عَيْلَةً فَسَوْفَ يُغْنِيكُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ إِنْ شَاءَ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (28)
“Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis Maka janganlah mereka mendekati Masjidilharam sesudah tahun ini. dan jika kamu khawatir menjadi miskin, Maka Allah nanti akan memberimu kekayaan kepadamu dari karuniaNya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.”
Makkah al-Mukarramah adalah satu-satunya tanah suci milik ummat Islam. Lain halnya dengan Yahudi yang mengklaim Baitul Muqoddas (Yerusalem) sebagai tanah suci mereka. Dan bukan hanya Yahudi yang mengklaim Baitul Muqoddas sebagai tanah suci mereka. Baitul muqoddas adalah tanah suci ummat Islam. Ummat kristiani pun mengklaimnya sebagai tanah suci mereka.
Dan keistimewaan Islam yang ketiga adalah Islam memiliki bahasa pemersatu yaitu bahasa Arab. Mengapa bahasa Arab? Karena al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Quraisy, bahasa Arab. Allah menyebutkan dalam surat Yusuf ayat 2 :
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تعْقِلُونَ
“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.”
Bahasa arab kan susah gimana bisa memahaminya? Ya....diturunkan dalam bahasa arab supaya lebih mudah dipahami. Ibnu katsir rahimahullah dalam Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim menyebutkan bahwa al-Qur’an diturunkan dalam bahasa arab karena bahasa arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas, dan maknanya lebih mengena dan cocok untuk jiwa manusia. Oleh karena itu, kitab yang termulia (al-Qur’an) diturunkan kepada orang termulia (Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam) dengan bahasa yang mulia (bahasa arab), melalui perantara malaikat termulia (malaikat Jibril), ditambah kitab ini pun diturunkan di dataran termulia di atas muka bumi (jazirah Arab), serta awal turunnya pun pada bulan termulia (bulan Ramadhan), sehingga al-Qur’an menjadi sempurna dari segala sisi.
Semua ummat Islam dari berbagai ras, suku bangsa, dan bahasa ketika membaca al-Qur’an hanya dalam bahasa arab. Para pakar mencatat bahwa bahasa arab memiliki lebih dari 25 juta kosa kata. Muhammad bin Ya’qub, pengarang kamus al-Muhiith menjelaskan bahwa ada kurang lebih 1000 kosa kata yang menunjuk ke makna pedang dan ada 5644 kosa kata yang menunjuk ke makna unta dan keadaan-keadannya. Baik itu dalam keadaan madhi, mudhari’, maupun amr. Tidak ada bahasa lain yang lebih kaya dari bahasa arab.
Itulah beberapa penjabaran dari keistimewaan Islam yang mungkin sudah banyak diketahui oleh ummat Islam namun kurang disadari. Lalu kenapa Anda memilih Islam? Kalau saya memilih Islam karena Islam itu tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi darinya. الإِسْلاَمُ يَعْلُو وَلاَ يُعْلَى عَلَيْهِ
Wallahu ta’ala a’lam
* Sebuah perenungan realistis yang nampak absurd…haha

0 comments:

Post a Comment

 

Ich bin Muslime ^^ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template